teks

SELAMAT DATANG DI BLOG BPP KECAMATAN TIRISblink>

Minggu, 06 Juli 2014

12 MANFAAT MAKANAN BERSERAT

By: Anang Budi Prasetyo,SP









MANFAAT MAKANAN BERSERAT di dalam bidang kesehatan telah dikenal sejak tahun 1970, berkat jasa dua orang ilmuwan asal Inggris. Ketika itu, setelah mereka berdua lama bekerja di Afrika Selatan, mereka menemukan bahwa penyakit - penyakit yang banyak menyerang orang Eropa ternyata jarang menyerang orang Afrika yang pola makannya kaya makanan berserat. Kesimpulan mereka , orang Barat yang pola makannya miskin serat akan menjadi lebih sehat jika mau meningkatkan konsumsi seratnya.


Serat makanan sebenarnya adalah bahan yang menyusun dinding sel tanaman, karena itu hanya terdapat dalam bahan makanan asal tumbuh - tumbuhan. Berdasarkan jenisnya, dikenal dua macam serat , yaitu serat yang tak larut dalam air dan serat yang larut dalam air.


Kelompok serat tak larut dalam air terdiri dari selulosa, hemiselulosa dan lignin. Bentuknya mirip busa spon dan mampu menyerap airtiga kali volumenya. Bahan makanan sumber serat tak larut dalam air diantaranya bekatul, beras merah, sereal, gandum, buah yang dimakan bersama kulitnya ( apel, pir, anggur ), daun sayuran / atau sayuran yang dimakan bersama batangnya ( kailan, sawi, seledri ), sayuran buah ( tewel / gori / nangka muda, keluwih ), kacang merah, kacang hijau dan kacang tolo.


Sedangkan kelompok serat yang larut dalam air , diantaranya adalah pektin, psillium, gum, beta-glukan. Pektin dimasukkan ke dalam serat larut dalam air karena bentuk fisiologisnya berbentuk gel . Bahan makanan sumber pektin diantaranya adalah jeruk, pepaya, pisang, apel, pir, sayuran tunas ( asparagus, rebung, taoge ), sayuran polong ( kacang panjang, kacang kapri, buncis ), jagung, havermouth, rumput laut, biji - bijian ( termasuk selasih ) dan cincau.


Coba simak daftar makanan kaya serat berikut ini :

a.       Jeruk Keprok 7 ( kandungan serat per gram % )
b.      Jeruk Bali 6
c.       Apel , Brokoli , wortel 5
d.      Jambu Biji , Strawberi, Pir, Bayam, Pisang 4
e.        Kiwi, Alpokat, Buncis, jagung muda, taoge 3


Berdasarkan penelitian dan pengamatan dari para ahli kesehatan bahwa dengan sering mengkonsumsi makanan berserat dalam porsi yang wajar dimana akan bermanfaat sekali bagi tubuh kita, karena makanan berserat akan membantu sekali dalam hal :


1.      Menurunkan kolesterol
2.      Memperindah kulit, rambut dan kuku
3.      Mencegah usus buntu.
4.      membantu mengatasi anemia
5.      Membantu perkembangan BAKTERI BAIK dalam usus
6.      Memperbaiki mood
7.      Membantu mengatasi diabetes
8.      Mencegah sembelit
9.      Membantu menurunkan berat badan
10.  Membuat awet muda
11.  Membantu mencegah kanker usus besar dan kanker payudara
12.  Membantu proses detoksifikasi.


Seandainya jika sampai saat ini , Anda merasa bahwa selama ini jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat , maka mulai saat inilah waktu yang paling tepat untuk lebih banyak lagi mengkonsumsi makanan berserat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon konfermasi balik....dari anda terhormat. Biar tampilan lebih baik.