teks

SELAMAT DATANG DI BLOG BPP KECAMATAN TIRISblink>

Minggu, 30 April 2017

CARA MEMBUAT PESTISIDA NABATI ALAMI DARI IKAN MUJAIR



CARA  MEMBUAT  PESTISIDA  NABATI  ALAMI  DARI  IKAN MUJAIR

Oleh :
ANANG BUDI PRASETYO,SP

Ikan  mujair  adalah  ikan  yang  memiliki  nama  ilmiah Oreochromis  mossambicus  ikan  mujair  termasuk  jenis  ikan  Air  tawar,penyebarannya  ikan  ini  banyak  dijumpai  diperairan  Afrika  dan  perairan Indonesia.
Kreteria  dari  ikan  mujair  diantaranya  memiliki  ukuran  tubuh  yang  sedang,dengan panjang tubuhnya sekitar 40 cm, memiliki bentuk badan pipih berwarna hitam keabu-abuan,  ada  juga  yang  berwarna  kecoklatan  atau  kekuningan, sedangkan pada sirip punggungnya memiliki 15-17 duri yang tajam, 13 jari-jari duri yang berujung lunak, dan pada sirip duburnya memiliki 3 duri dengan 9-12 jari-jari.
Untuk hidupnya  ikan mujair  memiliki  tingkat  kemampuan hidup yang sangat tinggi,  hal  ini  disebabkan karena ikan mujair mempunyai  toleransi  yang besar terhadap kadar garam dengan ini ikan mujair selain bisa hidup di air tawar juga bisa hidup di air payau.

Kebanyakan  orang  berpendapat  bahwa  ikan  mujair  hanya  digunakan  untuk diolah menjadi  bergai  makanan,  Bagaimana  jika  ikan mujair  tersebut  diolah menjadi  Pestisida  nabati  alami.

Berikut cara membuat Pestisida Nabati Alami dari ikan mujair.

1. Kita ambil ikan mujair disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan
2. Setelah kita dapatkan ikan mujair tersebut ikan kita matikan
3. Setelah ikan mati kita masukkan ikan mujair tersebut kedalam plastik
4. Kita biarkan ikan tersebut selama 3 hari.
5. Setelah  3  hari  kemudian,  kita  rebus  ikan  tersebut  dengan  air  sesuai kebutuhan selama dua jam.
6. Setelah dingin saring air rebusan ikan tersebut, kita ambil  air rebusan ini untuk digunakan sebagai Pestisida Nabati Alami.
7. Alangkah baiknya jika air rebusan ikan mujair yang telah disaring tersebut sebelum  di  aplikaikan  ketanaman  dicampur  dengan  tembakau  terlebih dahulu.
8. Untuk  mengaplikasi  ketanaman  dengan  cara  disemprotkan  ketanaman dengan  menggunakan  spray,  atau  bisa  juga  menggunakan  kuas  yang dicelupkan  ke  pestisida  nabati  alami  dari  ikan  mujair  tersebut  kemudian dikibas-kibaskan ke tanaman yang baru diserang hama atau penyakit.

Demikianlah Cara membuat Pestisida Nabati Alami  dari  ikan Mujair yang dapat digunakan untuk membasmi hama dan penyakit pada tanaman, semoga sedikit ulasan diatas  dapat  bermanfaat,  akan pentingnya  pestisida  berbahan nabati alami  yang  berdampak  positif  terhadap  keseimbangan  dan  kelestarian lingkungan.  Dari  pada menggunakan pestisida kimia yang berdampak negative terhadap keseimbangan dan kelestarian lingkungan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon konfermasi balik....dari anda terhormat. Biar tampilan lebih baik.