teks

SELAMAT DATANG DI BLOG BPP KECAMATAN TIRISblink>

Minggu, 30 April 2017

CARA MEMBUAT PESTISIDA NABATI ALAMI DARI TANAMAN KECUBUNG


CARA  MEMBUAT  PESTISIDA  NABATI  ALAMI  DARI  TANAMAN KECUBUNG




Oleh :
ANANG BUDI PRASETYO,SP

Tanaman Kecubung yang  dapat  dimanfaatkan  untuk  mengendalikan  hama  serangga pada  tanaman padi.  Keunggulan Pestisida nabati  Alami  tidak berimbas  pada keseimbangan kesuburan lingkungan dikarenakan pestisida Nabati  Alami  tanpa menggunakan bahan kimia yang dampaknya akan mengganggu dan merusak keseimbangan lingkungan.
Berikut  cara  membuat  pestisida  Nabati  alami  dari  tanaman  kecubung  yang dapat dimanfaatkan untuk menanggulangi  hama serangga pada tanaman padi, kedelai, dan tanaman Hortikultura lainnya.
sebelumnya  tanaman  kecubung  yang  memiliki  nama  latin Daura  Metel termasuk dalam tanaman perdu yang memiliki tinggi tidak lebih dari dua meter serta  memiliki  batang kayu yang tebal  dengan cabang mengembang ke  sisi kanan dan kiri.  selain itu memiliki  daun yang berbentuk bulat telur dan pada bagian tepinya berlekuk-lekuk tajam dan letaknya berhadapan.
Kecubung memiliki  bunga yang menyerupai  terompet dengan warna putih atau ungu, sedangkan pada buahnya kecubung memiliki  buah yang berbentuk bulat berwarna  hijau dengan salah satu ujungnya  bertangkai  pendek dan melekat kuat  berukuran  diameter  4-5  cm.pada  kulit  buahnya  kecubung  terlihat berduri-duri,  dan jika  buah ini  dikupas  akan ada  biji  sebesar  biji  kopi  yang berwarna kuning kecoklatan berbentuk gepeng.
Tiada  yang  nyangka  tanaman  kecubung  yang  biasa  hidup  liar  ini  bias dimanfaatkan  untuk  dibuat  menjadi  Pestisida  Nabati  alami  yang  dapat dimanfaatkan untuk menanggulangi hama serangga pada tanaman padi, kedelai dan Hortikultura lainnya.
Bagian dari tanaman kecubung yang dimanfaatkan untuk dibuat pestisida adalah daun,  buah,  dan batangnya karena pada bagian tersebut  mengandung racun syaraf  yang sangat  kuat.  sehingga  racun tersebut  dapat  dimanfaatkan untuk pestisida alami guna menanggulangi serangga.
Cara membuat  Pestisida dari  Tanaman Kecubung sangatlah mudah dan sederhana.
·        kita  ambil  bagian  daun,buah,  dan  batangnya  menengenai  banyak  dan sedikitnya kita sesuaikan dengan kebutuhan.
·        setelah  kita  dapatkan  bahan-bahan  tersebut  kemudian  kita  larutkan bahan-bahan tersebut kedalam air selama beberapa jam.
·        setelah itu kita saring larutan tersebut kemudian kita ambil  air yang telah disaring dan kita masukkan kedalam kewadah.
·         untuk  penerapannya  kita  bisa  langsung  semprotkan  larutan  tersebut dengan  menggunakan  spray  ketanaman  yang  terkena  serangan  hama serangga.

Biasanya hama serangga yang telah terkena ramuan kecubung ini  akan mati dalam beberapa waktu kemudian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon konfermasi balik....dari anda terhormat. Biar tampilan lebih baik.