teks

SELAMAT DATANG DI BLOG BPP KECAMATAN TIRISblink>

Sabtu, 20 Oktober 2012

4 TIPS MEMPERSIAPKAN PERENCANAAN DANA PENSIUN




4 TIPS MEMPERSIAPKAN PERENCANAAN DANA PENSIUN



Siapkan Masa Pensiun Secermat Mungkin

Pensiun? Bukankah itu masih lama? Banyak perencana keuangan menjelaskan jangan pernah merasa terlalu muda untuk merencanakan dana pensiun Anda. Pasalnya, yang sering terjadi adalahumumnya orang-orang yang masih berusia muda terlambat untuk merencanakan dana pensiun. Rata-rata yang terjadi, sebagian orang merencanakan dana pensiun pada usia 40 tahun.

Akibat dari penundaan rencana dana pension
Perencanaan dana pensiun yang ditunda-tunda akan berakibat pada memaksa diri melakukan strategi investasi yang agresif. Resikonya adalah terkena imbas fluktuasi pasar yang mengakibatkan hasil investasi malah akan tergerus lebih banyak. Untuk itu, lakukanlah perencanaan masa pensiun dimulai sejak sekarang dengan bijaksana.
Perencanaan Pensiun Jangka Panjang
Merencanakan dana pensiun untuk jangka panjang sejak awal itulah yang dimaksud dengan langkah bijaksana. Selain Anda lebih siap, perencanaan pensiun jangka panjang pun akan sekaligus memperkuat fundamental ekonomi negara secara keseluruhan. Dilansir dari Klasika Kompas, ada beberapa tips penting dalam mempersipakan perencanaan dana pensiun.
4 Tips Penting dalam mempersiapkan perencanaan dana pension
1) Konsisten dengan gaya hidup sederhana.

- Dalam rangka menjalankan gaya hidup sederhana, jangan pernah mengeluarkan alokasi dana yang lebih besar dari pendapatan Anda setiap bulannya. Upayakanlah menabung sekitar 3% hingga 10% dari pendapatan bulanan untuk keperluan dana pensiun.


2) Kembangkanlah tabungan Anda.

 - Terdengar klise namun hal ini pun merupakan tips yang bermanfaat bila dilakukan dengan konsisten. Karena dengan mengembangkannya, Anda bisa sukses meraih kebebasan finansial. Seringkali terjadi di kalangan orang muda terperangkap oleh euforia pengeluaran membeli barang yang tidak penting.
TRIK
Menabunglah terlebih dahulu dan belanjakan sisanya. Lakukanlah secara konsisten.

3) Selesaikanlah urusan utang-piutang Anda sesegera mungkin.
Bagi mereka yang banyak utang, buatlah skala prioritas dengan menyusun utang yang berbunga paling tinggi, *BUNGA KOK TINGGI? :D* atau kolektifkanlah utang tersebut dalam satu wadah. Hal ini dilakukan agar pemasukan bisa dialokasikan untuk persiapan pensiun. Ingatlah, pada 30 atau 40 tahun mendatang bila masih berutang akan menjadi lebih besar tingkat suku bunganya.

4) Alokasikanlah dana darutat.

Sisihkan anggaan yang benar-benar akan dialokasikan untuk keperluan darurat. Umumnya, dana darurat paling sedikit tiga kali pengeluaran bulanan untuk yang bujang atau lajang. Bagi yang sudah berkeluarga enam kali pengeluaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon konfermasi balik....dari anda terhormat. Biar tampilan lebih baik.