teks

SELAMAT DATANG DI BLOG BPP KECAMATAN TIRISblink>

Selasa, 16 Oktober 2012

KHASIAT BEBERAPA SAYURAN PILIHAN












Apa yang kita makan sangat memengaruhi kesehatan tubuh kita. Terkadang kesibukan mengakibatkan kita kurang memerhatikan makanan yang dikonsumsi.

Dalam tubuh, bila kita tidak mengonsumsi sayuran yang cukup, akan mengakibatkan kekurangan nutrisi. Dan berpotensi menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Sayuran selain memiliki kandungan mineral dan senyawa alami lainnya, juga kaya akan serat yang baik bagi pencernaan. Sehingga tubuh tidak mudah sembelit.

Sayuran yang dimakan, juga melindungi tubuh dari serangan penyakit. Warna sayuran juga bisa dijadikan pedoman untuk mendapatkan paduan yang sehat. Mengonsumsi berbagai warna sayuran akan memberi pada tubuh aneka nutrisi yang penting.


Berikut beberapa sayuran yang bisa dipilih:

1.    Brokoli. Memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Brokoli kaya akan serat dan vitamin C. Betakaroten akan menguah vitamin A menjadi antioksidan. Juga brokoli mengandung kalium yang akan menurunkan tekanan darah tinggi dan meminimalisir resiko penyakit jantung koroner.


2.    Beetroot. Sejak zaman Mesopotamia, delapan abad sebelum masehi silam- beetroot sudah terkenal. Nutrisi betaine-nya berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi, serta memiliki kandungan serat yang tinggi. Beetroot pun dapat mengikat lemak yang takdiperlukan oleh tubuh, yaitu dengan membuangnya.


3.    Wortel, sayuran yang sangat kaya akan serat, vitamin A, B, dan C ditambah lagi mengandung zat besi, kalsium dan kalium. Wortel pun akan memberikan pada tubuh manusia peningkat vitalitas alami, mempertajam daya penglihatan dan membantu sistem imun untuk menghalau pengaruh radikal bebas. Betakaroten meningkatkan kesehatan mata, termasuk daya penglihatan di malam hari. Juga dipercaya menghambat pertumbuhan tumor, terutama sel kanker pada paru-parudan pankreas akibat dari kebiasaan merokok.

4.    Bayam. Sayuran yang dikenal sebagai sumber zat besi terbaik, berguna bagi penderita anemia. Juga berserat tinggi.

5.    Aloe vera. Kadar gula dalam tubuh bisa diturunkan oleh aloe vera sebab sloe vera memiliki kandungan serat yang tinggi. Aloe vera pin mampu mengontrol tekanan darah dan memperlancar sistem pencernaan. Khasiat lainnya, aloe vera membantu proses regenerasi sel sehingga fungsi organ tubuh tetap fit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon konfermasi balik....dari anda terhormat. Biar tampilan lebih baik.