teks

SELAMAT DATANG DI BLOG BPP KECAMATAN TIRISblink>

Rabu, 10 Oktober 2012

Cara Mengukur Debit Air



CARA MENGUKUR DEBIT AIR

Sepintas lalu mengukur debit air kelihatan susah dan terkesan membutuhkan peralatan yang sangat canggih, padahal mengukur debit air bisa dilakukan dengan cara sederhana meng-  gunakan alat seadanya.

Penghitungan besarnya volume air yang mengalir berguna dalam pembuatan estimasi ke-  butuhan air, misalnya kebutuhan air bersih bagi penduduk atau menentukan luas sawah yang dapat diairi oleh saluran air. 
Volume air yang mengalir disebut Debit Air dan diukur dengan satuan Liter per Detik.

Terdapat dua cara yang biasa dipakai di lapangan. Salah satunya dengan menggunakan ember dan jam tangan yang ada jarum detiknya. Besarnya isi ember harus diketahui terlebih da-  hulu, misalnya 8 liter. Pengukuran dilakukan sebanyak tiga sampai empat kali dan diambil hasil rata-ratanya. Sebagai contoh, sebuah em-  ber yang berkapasitas 8 liter terisi penuh setelah 15 detik, 12 detik, 17 detik, dan 12 detik. Maka waktu rata-ratanya adalah 15+12+17+12 = 56 atau 14,0 detik. Dengan cara ini dapat diketahui bahwa debit airnya adalah 8 liter dibagi 14 detik, hasilnya 0,57 liter per detik.

Cara penghitungan lainnya adalah dengan menggunakan jam tangan yang ada jarum detiknya dan alat pengukur panjang, yaitu pita ukur atau meteran. Metode ini menggunakan rumus Debit = Kecepatan X Luas Penampang Basah. Penampang bisa berbentuk segi empat panjang, bisa berbentuk trapesium, atau bentuk bebas. Penampang diperkirakan dengan satuan meter persegi. Kecepatan diukur dengan melihat waktu yang diperlukan saat benda ringan mengapung di air mengalir, satuannya adalah meter per detik.

Sebagai contoh, air mengalir pada saluran yang berbentuk trapesium. Dalamnya air misalnya 40 cm, dasar trapesium beru-  kuran 30 cm, dan lebar trapesium di permukaan air adalah 60 cm. Dan sebuah benda ringan memerlukan waktu 12 detik untuk berjalan sepanjang 5 meter. Luas Penampang Basah adalah (0,30 + 0,60)/2 X 0,40 = 0,18 meter persegi.

Kecepatan air adalah 5,0 / 12 = 0,417 meter per detik. Maka debit air adalah 0,18 X 0,417 = 0,075 meter kubik per detik atau 75 Liter per Detik.

Untuk mengukur debit air di saluran alam seperti anak sungai, bisa menggunakan prinsip matematika kalkulus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon konfermasi balik....dari anda terhormat. Biar tampilan lebih baik.