teks

SELAMAT DATANG DI BLOG BPP KECAMATAN TIRISblink>

Senin, 02 Juli 2012

PEMBENIHAN TANAMAN


PEMBENIHAN TANAMAN PISANG
( Musa paradisiaca )

OLEH :

ANANG BUDI PRASETYO,SP
PPL BPP KECAMATAN TIRIS
KABUPATEN PROBOLINGGO


 
I.       PENDAHULUAN

Pisang adalah tanaman buah berupa herba yang berasal dari kawasan di Asia Tenggara (termasuk Indonesia). Tanaman ini kemudian menyebar ke Afrika (Madagaskar), Amerika Selatan dan Tengah. Di Jawa Barat, pisang disebut dengan Cau, di Jawa Tengah dan Jawa Timur dinamakan gedang.
Hampir di setiap tempat dapat dengan mudah ditemukan tanaman pisang. Pusat produksi pisang di Jawa Barat adalah Cianjur, Sukabumi dan daerah sekitar Cirebon. Tidak diketahui dengan pasti berapa luas perkebunan pisang di Indonesia. Walaupun demikian Indonesia termasuk salah satu negara tropis yang memasok pisang segar/kering ke Jepang, Hongkong, Cina, Singapura, Arab, Australia, Negeri Belanda, Amerika Serikat dan Perancis. Nilai ekspor tertinggi pada tahun 1997 adalah ke Cina.
Tanaman ini toleran akan ketinggian dan kekeringan. Di Indonesia umumnya dapat tumbuh di dataran rendah sampai pegunungan setinggi 2.000 m dpl. Pisang ambon, nangka dan tanduk tumbuh baik sampai ketinggian 1.000 m dpl

  II.   JENIS PEPAYA

1.    Pisang yang dimakan buahnya tanpa dimasak yaitu M. paradisiaca var Sapientum, M. nana atau disebut juga M. cavendishii, M. sinensis. Misalnya pisang ambon, susu, raja, cavendish, barangan dan mas.
2.    Pisang yang dimakan setelah buahnya dimasak yaitu M. paradisiaca forma typicaatau disebut juga M. paradisiaca normalis. Misalnya pisang nangka, tanduk dan kapok
3.    Pisang berbiji yaitu M. brachycarpa yang di Indonesia dimanfaatkan daunnya.Misalnya pisang batu dan klutuk.
4.       Pisang yang diambil seratnya misalnya pisang manila (abaca).

III.   PEMBENIHAN

Pisang diperbanyak dengan cara vegetatif berupa tunas-tunas (anakan).

1.    Persyaratan Benih

Tinggi anakan yang dijadikan benih adalah 1-1,5 m dengan lebar potongan umbi 15-20 cm. Anakan diambil dari pohon yang berbuah baik dan sehat. Tinggi benih akan berpengaruh terhadap produksi pisang (jumlah sisir dalam tiap tandan). Benih anakan ada dua jenis: anakan muda dan dewasa. Anakan dewasa lebih baik digunakan karena sudah mempunyai bakal bunga dan persediaan makanan di dalam bonggol sudah banyak. Penggunaan benih yang berbentuk tombak (daun masih berbentuk seperti pedang, helai daun sempit) lebih diutamakan daripada benih dengan daun yang lebar.


2.    Penyiapan Benih

Benih dapat dibeli dari daerah/tempat lain atau disediakan di kebun sendiri. Tanaman untuk benih ditanam dengan jarak tanam agak rapat sekitar 2 x 2 m. Satu pohon induk dibiarkan memiliki tunas antara 7-9. Untuk menghindari terlalu banyaknya jumlah tunas anakan, dilakukan pemotongan/penjarangan tunas.

3.    Sanitasi Benih Sebelum Ditanam

Untuk menghindari penyebaran hama/penyakit, sebelum ditanam benih diberi perlakuan sebagai berikut:

a)    Setelah dipotong, bersihkan tanah yang menempel di akar.
b)   Simpan benih di tempat teduh 1-2 hari sebelum tanam agar luka pada umbi mengering. Buang daun-daun yang lebar.
c)    Rendam umbi benih sebatas leher batang di dalam insektisida 0,5–1% selama 10 menit. Lalu benih dikeringanginkan.
d)    Jika tidak ada insektisida, rendam umbi benih di air mengalir selama 48 jam.
e)   Jika di areal tanam sudah ada hama nematoda, rendam umbi benih di dalam  air panas beberapa menit.

Agar benih pisang yang akan ditanam dilahan atau pertanaman supaya dipilih dari induk pisang yang berbuah lebat, disukai oleh konsumen benih pisang harus bebas dari penyakit,


DAFTAR PUSTAKA

1)    Rismunandar. 1990. Bertanam Pisang. C.V. Sinar Baru. Bandung
2)    Rismunandar. 1990. Membudidayakan Tanaman Buah-buahan. C.V. Sinar Baru. Bandung.
3)    Stover, R.H & N.W. Simmonads. 1993. Banana. Tropical Agriculture Series. Longman Scientific ang Technical. New York.
4)    Hendro Soenarjono. 1998. Teknik Memanen Buah Pisang agar Berkualitas Baik. Trubus no. 341.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon konfermasi balik....dari anda terhormat. Biar tampilan lebih baik.