teks

SELAMAT DATANG DI BLOG BPP KECAMATAN TIRISblink>

Sabtu, 18 Agustus 2012

MANFAAT KUNYIT PUTIH

MANFAAT KUNYIT PUTIH

Oleh :
ANANG BUDI PRASETYO,SP
PPL BPP KECAMATAN TIRIS



Tanaman dengan bahasa ilmiahnya Curcuma mangga ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Tanaman ini kaya dengan kandungan kimia seperti tanin, kurkumin, amilum, gula, minyak asiri, damar, saponin, flavonoid, dan protein toksis yang dapat menghambat perkembangbiakan sel kanker. Sudah tak diragukan lagi ternyata tanaman yang bernama kunyit putih ini mempunyai manfaat besar bagi tubuh kita.

Penelitian Dr. Retno S. Sudibyo yang dimuatkan di Tempo pada bulan Mei 1999 menunjukkan bahawa cercuma mangga mengandung protein toksik sejenis “ribosome in activiting protein” (RIP). Protein ini dapat mengaktifkan ribosom sehingga sintesis protein di dalam sel terganggu. Ianya mudah memasuki (penetrate) ke dalam sel sihat sehinggakan sel kanser tidak dapat berkembang biak. Sifat RIP ini menghambat perkembangan sel kanser sealigus mencegah kerosakan gen, salah satu penyebab kanker.

Pada Kunyit putih diketahui mengandungi minyak atsiri yang terdiri atas curdione dan curcumol. Khasiat Tanaman ini bersifat antioksidan dan dapat menahan zat radikal bebas penyebab tumbuhnya sel kanker serta dapat meningkatkan sel darah merah. Kunyit putih ini mempunyai ciri tertentu, antara lain bintik umbinya seperti umbi jahe dan berwarna kuning muda (krem). Dalam keadaan segar baunya seperti buah mangga kweni dan bila telah diekstrak atau dijadikan bubuk, warnanya tetap kuning muda (krem).

Tapi sekali lagi hati-hati, walaupun memiliki manfaat untuk orang normal, namun sebaiknya tidak digunakan pada masa kehamilan kerana dapat mengakibatkan keguguran. Walaupun ukurannya kecil, jangan remehkan manfaat dari kunyit putih. Karena dia adalah salah satu tanaman berkhasiat yang sudah digunakan selama ratusan tahun sebagai obat tradisonal.

Manfaat kunyit putih :
 
- menghambat perkembangbiakan sel kanker
- mempunyai khasiat antipiretik (penurun panas)
- antitoksik (menangkal racun)
- laksatif (pencahar)
- antioksidan
- mengatasi sakit perut
- mengecilkan rahim sesudah persalinan
- menyempitkan organ kewanitaan
- mengurangi lemak perut
- menambah nafsu makan
- menguatkan syahwat
- mengatasi gatal-gatal pada daerah kewanitaan
- gatal-gatal (pruiritis)
- mengobati luka
- mengatasi sesak napas (asma)
- mengatasi radang saluran napas (bronkitis)
- mengobati demam, kembung dan masuk angin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon konfermasi balik....dari anda terhormat. Biar tampilan lebih baik.