teks

SELAMAT DATANG DI BLOG BPP KECAMATAN TIRISblink>

Jumat, 17 Agustus 2012

Merangsang Pembuahan dengan Perlukaan Khusus pada Tanaman Buah di Tabulapot

Merangsang Pembuahan dengan Perlukaan Khusus pada Tanaman Buah di Tabulapot

Untuk merangsang pembuahan pada tabulampot, selain dengan usaha memenuhi semua syarat tumbuh tanaman tersebut, dapat dilakukan debngan memberikan perlakuan khusus. Perlakuan khusus ini ditekankan dan dapat dilakukan terhadap beberapa tanaman buah yang memang membutuhkan kondisi tertentu untuk proses pembuahnya. Perlakuan khusus ini baru akan berpengaruh bila tanaman dalam kondisi sehat, cukup umur untuk berbuah, pertumbuhan vegetatifnya maksimal, dan kondisi pertumbuhannya optimal. Ada empat perlakuan khusus yang dapat diberikan kepada tanaman yaitu :

1.  Pengaturan C/N ratio
2. Perlakuan Pemupukan
3. Perlakuan Stress air
4. Aplikasi Zat Pengatur Tumbuh ( ZPT)


PENGATURAN C/N RATIO

Pengertian : perbandingan jumlah karbohidrat ( C) dan nitrogen ( N) dalam tanaman.Perimbangan C/N ratio akan menentukan perimbangan terjadinya fase vegatatif dan geneeratif. Maksudnya jumlah karnohidrat yang lebih tinggi atau nilai C/N ratio yang kecil membuat tanaman tetap berada dalam fase vegetative. Tanaman yang tetap dalam fase vegetative tentu saja akan mengalami maslah pada proses pembungaan dan pembuahnnya, sebab syarat terjadinya proses pembungaan adalah tercapainya fase generative. Tanaman yang lebih mudah dirangsang untuk segera memasuki fase generative sehingga proses pembungaannya dan pembuahnnya segera terjadi. Namun nilai C/N ratio yang tertampau tinggi tanpa diimbnangi oleh jumlah nitrogen yang cukup akan menyebabkan tanaman atau tidak dapat dilakukan dengan cara pemngkasan tanaman, pelukaaan atau pengeratan barang, dan pencicinan atau pelingkaran batang.Mari kita mulai dengan usaha Tanaman buah menghasilkan buah.

PEMANGKASAN

Tujuan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan produksi.

Pemangkasan dapat menjaga kelembaban tanaman sehingga tidak mudah terserang hama dan penyakit dan mempermudah cahaya matahari mengenai seluruh bagian tanaman sehingga proses fotosintesis dapat ber langsung dengan baik. Kesalahan dalam pemangkasan dapat berpengaruh buruk terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Kerusakan cabang terutama pada kulit cabang yang ditimbulkan akibat pemangkasan akan menyebabkan serangan hama dan penyakit.

Untuk melakukan pemangkasan kita memerlukan

1. Alat Pangkas yang digunakan
Pisau pangkas,mislanya : prang, golok,s abit, dan pisau, gunting pangkas, gergaji
2. Jenis Pemangkasan

Berdasarkan umur tanaman , pemangksan dibagi 3 :
- Pemangkasan di pembibitan
- Pemangkasan Tanaman Belum menghasilkan
- Pemangkasan tanaman Menghasilkan

Berdasarkan tujuan, dapat dibagi menjadi empat :
- Pemangkasan bentuk
- Pemangkasan pemeliharaan
- Pemangkasan produksi dan
- Pemangkasan peremajaan


Tanaman Didalam Pot, untuk merangsang pembuahan, banyak cara yang dilakukan, diantaranya dengan pemangkasan. Seperti diatas.
Untuk artikel mendatang kita akan membahasan tentang “ Perlukaan dan Pengerokan 
 
Oleh :
ANANG BUDI PRASETYO,SP
PPL BPP KECAMATAN TIRIS
KABUPATEN PROBOLINGGO
 
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mohon konfermasi balik....dari anda terhormat. Biar tampilan lebih baik.