teks

SELAMAT DATANG DI BLOG BPP KECAMATAN TIRISblink>

Kamis, 16 Agustus 2012

MIMBA MERUBAH PERILAKU HAMA



MIMBA MERUBAH PERILAKU HAMA
( Azadirahta indica )
Oleh :
ANANG BUDI PRASETYO,SP
PPL BPP KECAMATAN TIRIS


 


1.            PENDAHULUAN
Tanaman merupakan gudang bahan kimia yang kaya akan kandungan berbagai jenis bahan aktif, diantaranya bias dijadikan sebgai pestisida nabati. Mimba ( Azadirachta indica ), terutama dalam bijinya mengandung beberapa bahan pestisida, Beberapa di antaranya adalah Azadirachta, Salanin, Mehantriol, Nimbin dan Nimbidin.
Racun Mimba tidak membunuh hama secara cepat, namun mengganggu hama pada proses metamorphosis, makan, pertumbuhan, reproduksi dan lainnya. Pestisida nabati mimba adalah pestisida yang ramah lingkungan, sehingga diperbolehkan penggunaannya dalam pertanian organic ( Terutama dalam SNI Pangan Organik ), Serta telah dipergunakan di berbagai Negara, termasuk Amerika yang dikenal sangat ketat peraturannya dalam penggunaan pestisida, yaitu diawasi oleh suatu badan yang disebut EPA ( Environmental Protection Agency )
2.         CARA KERJA BAHAN AKTIF
Azadirachtin, yang dikandung mimba berperan sebagai ecdyson blocker atau zat yang dapat menghambat kerja hormone ecdyson, yaitu suatu hormone yang berfungsi dalam proses metamorfosa serangga. Serangga akan terganggu pada proses pergantian kulit, ataupun proses perubahan dari telur menjadi larva, atau dari larva menjadi kepompong atau dari kepompong menjadi dewasa. Biasanya kegagalan dalam proses ini sering mengakibatkan kematian.
Salanin, berperan sebagai penurun nafsu makan ( antifeedant ) yang mengakibatkan daya rusak serangga sangat menurun, walaupun serangganya sendiri belum mati. Oleh karena itu dalam penggunaan pestisida nabati mimba sering kali hamanya tidak mati sdketika setelah diaplikasikan ( Knock down ), namun memerlukan beberapa hari untuk mati. Biasanya aetelah 4 – 5 hari, namun demikian hama yang telah terpapar daya rusaknya sudah sangat menurun karena hama dalam keadaan sakit.
Meliantriol, berperan sebagai penghalau ( repellent ) yang mengakibatkan hama serangga enggan mendekati zat tersebut. Suatu kasus menarik terjadi ketika belalang Schistocerca gregaria menyerang tanaman di Afrika, semua jenis tanaman terserang belalang, kecuali satu jenis tanaman yaitu mimba. Mimbapun dapat merubah tingkah laku serangga khususnya belalang               ( insect behavior ) yang tadinya bersifat migrasi, bergerombol dan merusak menjadi bersifat solitaire yang bersifat tidak merusak.
Nimbi dan Nimbidin berperan sebagai anti mikro organieme seperti anti – virus, bakterisida, fungisida , sangat bermanfaat untuk digunakan dalam menggendalikan penyakit tanaman.
Selain mengandung bahan – bahan tersebut diatas, di dalam tanaman mimba masih terdapat berpuluh , bahkan berates jenis bahan aktif yang merupakan produksi metabolit sekunder yang belum teridentifikasi dan belum diketahui manfaatnya,
3.         Cara Membuat
Pestisida nabati mimba dapat dibuat melalui beberapa cara, diantaranya dengan ekstraksi bijinya, yaitu menggunakan pelarut seperti alcohol, ataupun ektraksi sederhana dengan menggunakan air, ataupun pengepresan biji untuk menghasilkan minyaknya, atau ada juga yang mengektrak bungkil ( sisa pengepresan ) untuk dijadikan pestisida.
Kandungan azadirachtin yang tinggi terdapat pada biji, sehingga pembuatan pestisida nabati yang berasal dari daun, kandungan azadirachtinnya rendah, sehingga bila menggunakan daun mimba harus tersedia daum mimba yang banyak atau memerlukan daun mimba yang banyak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mohon konfermasi balik....dari anda terhormat. Biar tampilan lebih baik.